Thursday, December 8, 2011

Puting Beliung Mengamuk di Babadan

Puting Beliung di Babadan (07/12)
Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di wilayah babadan rabu sore(07/12/11) membuat warga ketakutan. Suara gemuruh angin yang begitu keras dan tiupan angin kencang dalam beberapa saat, mampu menerbangkan genteng rumah-rumah penduduk dan sekolahan. 

Kerusakan rumah terbanyak terjadi di desa pondok dan desa babadan kecamatan babadan Ponorogo. Sedikitnya ada sepuluh rumah yang mengalami kerusakan, seperti gentengnya berjatuhan dan juga ada yang tertimpa pohon. Dapur Rumah samin di dusun kanten babadan misalnya, mengalami kerusakan akibat sebuah pohon tumbang yang menimpanya. 


Selain itu teras rumah suryadi yang atapnya yg terbuat dari seng juga menyelingkap. Angin putting beliung juga merusak garasi mobil milik sauji dan tempat parker sdn pondok. di tempat lain sebuah pohon besar di depan puskesmas babadan juga roboh dan sempat menutup ruas jalan ponorogo-madiun dalam beberapa saat. Beruntung tidak ada korban jiwa akibat musibah tersebut. begitu hujan reda kerusakan itu langsung diperbaiki oleh warga secara bergotong royong. 

Setyo budiono kasi pencegahan dan penanggulangan bencana BPBD Ponorogo mengatakan, begitu mendapat laporan musibah di wilayah tersebut, rabu petang pihaknya langsung turun ke lokasi untuk melakukan peninjauan dan pendataan , termasuk kerugian Materi yang dialami warga. Musibah itu segera akan dilaporkan ke Bupati Ponorogo dan badan penanggulangan bencana daerah Jawa Timur untuk mendapatkan perhatian. Selama musim hujan menjelang akhir tahun ini, angin putting beliung baru terjadi di wilayah babadan. 

Untuk itu dihimbau kepada warga masyarakat selalu waspada jika turun hujan yang disertai angin kencang. Angin putting beliung dikabarkan juga merobohkan belasan pohon di desa ngrupit babadan Ponororo. Namun sejauh ini, belum ada laporkan soal kerusakan rumah penduduk diwilayah itu. (dutaradiofm.com)

No comments: